THESIS RASA Coklat

Standard

Masih ingat ketika 2,5  tahun lalu bergelut dengan tugas akhir yang sering menjadi momok dan penyebab utama mahasiswa lulus telat ato malah “DO”, I think all of us very familiar with SKRIPSI. Kisah ku saat ini tidak lepas dari masa2 itu, boleh jadi skripsi  adalah setapak jalan yang menghantarkanku ke sini ,,, ya disini …. di negri formosa.

Saat itu mengerjakan skripsi begitu menyenangkan “ZAKAT” topik yang benar2 menarik untuk dikaji, saat itu benar2 idealis “buat apa menulis sesuatu yang tidak membawa manfaat?” padahal smua riset pasti bermanfaat, tapi saat itu hanya berfikir bagaimana bs berkontribusi untuk agama ini, dan salah satunya lewat riset (ha…. ). Dulu semuanya indah dan mudah karena niatnya insAllah bener, gak sampai dua bulan setelah ujian proposal bisa langsung ujian kompre dengan hasil insAllah memuaskan, ditambah bonus tawaran S2 (ni awal kisahku).

Saat ini tesis benar2 di depan mata, tapi beda ….. untuk bisa mengerjakannya dibutuhkan mood ekstra bagus, bukan krena males tapi memang gak paham dengan topik saat ini, ditambah lagi statistik yang belum paham dan in english (really i can speak english well so … how i can write thesis ???) its really big question and make me like stupid girl. I tried the best .. but i dont have time, i just have 1 month to finish chapter 1 – 6 (its mean i must complete or extend). i just pray and do the best. Every i meet my professor , he always said “Irul it is impossible you can finish in 1 month, but you can try” and i just answer “professor i can, believe me “. i just need more time.

Saat itu bener2 gak berpikir panjang, how i can finish it, i dont understand my method and statistic ??? like i must war with big monster without sword … so.. how can  i win????

Satu bulan itu singkat banget … bahkan terlalu singkat untuk bisa menyelesaikan data yang hasilnya eror ketika diinput k statistik, ato terlalu pendek untuk bisa sekedar menulis latar blekang …

But i believe i can , its really big job, hampir sebulan pulang diatas jam 12 malam dan endingnya 1 minggu terkhir harus tidur di leb ato malah gak tidur … TIDUR seperti sesuatu yang menakutkan, karena ketika bangun yang terlintas “irul your time … you lose … and ….”. I bulan thesis akhirnya selesai, 71 halaman. tentang kualistas gak usah diragukan lagi … SUPER DUPER HANCURR…. apalagi dengan tipe lumayan cerobaoh … so many mistake in writing … some stilll in Indonesia ( i think cz i really like Indonesia, so … i make thesis combine Indo and ENG like dictionary  he… alibi).

Tesisku bener2 jauh dari sempurna, dan bisa dibilang why the result like this ?????  but its ok, finally i can complete in one month.

Akhirnya detik2 menegangkan  saat menunjukkan thesis ke dosen, dan masih ingat apa komennya Beliau “irul … its really bed”  but i dont care, i went to copy shop and i distribute my thesis to examiner, Bener2 minta maaf ke Dr. CHUNG dan Dr Sugiaon krn hanya kasih waktu 1 hari untuk review thesis, padahal nromalnya 1 minggu, malah kata dosen Irul you must give it 1 month before your examine. saat itu hanya kepikir irulll maju …. go … go… i don’t care about result, Tuhan tau usaha dan niatku … everything will oke, i believe it.

Tapi semua gak seindah dan selancar yang dipikiran, sampai H-1 aku bner2 gak tidur, malah sempat bercucuran air mata … serperti mimpi, melihat theis yang jauhhhh bgt dari sempurna, shingga memeberikan banyak celah examiner utnuk menghabisi ku .. hee…..

Saat ujian tiba … dan PPT belum selesai .. dengan modal PD dan pengetahuan pas2 an maju defense …d an hasilnya, jangn pernah ditanya because DONT TRY AT HOME ..

Cerita ini sebenarnya terlalu menyedihkan dan memalukan untuk diceritakan, terlalu banyak jurus nekad, and its BED, tapi aku cuma ingin share j, agr gak akan ada lagi irul ke 2 .. 3… ato ke 1jt ….

Smua itu perlu persiapan, planning dan kesungguhan. meskipun thesis ato skripsi itu bukan sesuatu yang menyengangkan ato bikin heppy sepeti makan coklat, tapi percayalah thesis ato skripsi adlah cara cepat utnuk mendewasakan dan improve your knowledge. why i say that, kerena itu adalah kontribusi riil kita sebagai mahasiswa, karya kita yang kita persembahakan untuk ilmu pengetahuan dan ujuangnya adalah kemaslahatan he… agak tinggi ni bahasnya. lewat thesis ato skripsi kita bkalan jadi profesor yang rajian baca .. he .. meskipun kadng2 copas ayo.. ngaku ..

tapi itu bner2 indah di akhirnya. Tips indah menikmati thesis ato skripsi …

1. LURUSKAN niat ….

2. ambil topik yang bener2 kamu sukai, karena ketika kita suka kita akan lebih bisa menikmatinya dan lebih maksimal pastinya..

3. jangan jadikan thesis/ skripsi itu beban, ato itu bakalan bener2 jadi beban dalam hidup loe … ingat prasangka kita itu doa lo ..

4. Buat plan waktu secara matang, waktu itu cepat bagt berlalu … hingga tanpa sadar 7 tahun bisa berallu tanpa hasil ..

5. NO Malez … meskipun 1 paragraf, ushakan tiap hari ada progeress, ingat dikejar date line itu sakit banget, bisa buat BB turun ampek 3kg dalma 1 minggu …

6. NO FB… NO YOUTUBE.. NO LINE …. just focus ,, jadi ingat ma tman taiwanise dia selalu pasang foto orang yang dia sayangi di samping lepopnya ketika ngerjakan thesis ma pasang hadsat di kuping … jadi dia bakalan bener2 autis ma thesis

7. Sering diskusi … klo bingung ato bungtu paling enak share ma tman ato … sipapun yg loe anggap jago ..

8. berteman baiklah ma buku …

9. jdadikan dosen sebagai artis … jadi loe  benre2 ngarasa sengeng buat ketum dan sll cr2 alasan utnuk bsia ketemu

10. tesis/ skripsi salah satu pintu utntuk lulus dan re real world.. so you can look your dreams become true after finishing thesis / skripsi

11. keep your health, your brain, and your iman … itu penting bro …

Dan skerang thesis  tinggal mengunggu waktu untuk acc jilid .. he… meskipun kata dosen msh buth wktu 3-1 smester lagi untuk bisa selesai revisi .. its ok, i done i step, and i try to finish it in 2 weeks, please pray for me ..

THESIS ITU PAHIT KAYAK PUYER, TP SETLAH KITA MINUM SAKIT KEPALA KAN HILANG , DAN KITA BISA MENIKMATI MANISNYA COKLAT, 🙂1003711_664646923552660_1908143053_n

Leave a comment