Taiwan dalam Pandanganku

Image

TAIWAN…??? Ketika masih SMP yang terlitas adalah film drama tv “METEOR GARDEN” dg aktor utamanya F4 dan shan chai, Ketika SMA ditanya tentang Taiwan… ” i don’t know Taiwan” because if i must choose one country, i will go to kangaroo country ( bukan krn pengen bantu kangoro ngurusin ank2 mreka) tp emank bner2 pengan belajar manajemen perusahaan dan akuntansi disana.

Wktu kuliah ditanya pertanyaan yg sama, mungkin jawabannya lebih nyleneh “Taiwan???  afwan nggak ada waktu untuk mikirinnya, ana izin mikir skripsi dl y” iya kan tambah GJ Jawabannya  (waktu S1 sempat ngilang dr peredaran hampir 1th).

Dan klo sekarang ditanya tentang Taiwan, jawabannya udah beda. JELASLAH, Now i am staying in TAIWAN.

Berawal 1 tahun yang lalu saat keterima beasiswa double degree, kita dejelasin panjang x lebar yang intinya adalah lama study 2 tahun, 1 tahun di Indo dan sisanya di Universitas Mitra. Aku nanya universitas mitranya mana j??? dalam pikiranku adalah Australi (Teteplah… impian dr SMA), Jepang, Harvard (sedikit ketinggian) ato mana aja yang MBA nya kerennn. Trus jawabannya diluar imajinasi, “kita kerjasamanya dengan Taiwan, Thailand, Jepang, tapi biasanya utk MBA dg Taiwan (dg bahasa yg formal)” dan berhasil menghancurkan imajinasi indahku.

OK… Bismillah “Saya Terima beasiswa ini dengan niatan ingin belajar dan meningkatkan kualitas diri demi bangsa dan negara juga anak keturuanan” oke Sign dan Sah??? Sah.. Alhamdulillah… (ini baru lebayyyyy tingkat dewa klo kata ank2 d kelas).

Kuliah S2 gak semudah kayak dipikiranku, dulu S1 enak bgt tinggal masuk, ngerjain tugas, dpat A. Sekarang udah ngoyo, rajin baca e”’ dikelas ditanyain dosen msh jawab a… apa ya???? huff bener2 . memang dasarnya aku sulit buat jadi orang teoritis, lebih enak langsng aplikasi dan ngermbangin dri pengalaman. Alhasil… IP Masuk Deretan Terbawah (jadi inget, ada pepatah untuk bs diperhatikan oleh dunia lakukanlah yang TER…..), So.. klo  kalo gak bisa jadi yang terATAS, iklasin aja jadi yang Terbawah, yang penting adalah yang TER… (sebenarnya ALIBI aja).

Singkatnya, 1 tahun kemudian……

Aku mulai melengkapi persayaratan untuk apply universitas di Taiwan (kanpa milihnya gak ke JEPANG??? PENGENNN… tapi Ntar ya tunggu Alloh kasih kemampuan finansial yang ITS ok, JEPANG iam coming…) tapi sementara itu Taiwan OKE lah , meskipun gak ada gambaran apapun.

PERSAYARATAN :

1. IPK S1    2. Research Interest   3. TOEFL    4. Formulir2      5.  Foto

syaratnya simple buangetttt….

PENGUMUMAN

Dan….. Alhamdulillah keterima di NPUST (National Pingtung University of Science and Technology) dari namanya its OKE  lah.. cukup Mboys klo anak2 gaul bilang (ntar ulasanny ttg NPUST).

Pertama yang kutanya ke Ketua Program DD, kualitasnya GMN??? Kenapa gak universitas di Taipe (klo di kita kayak UI) ?  Sedikit kecewa… ngapain jauh2 ke Taiwan klo level pendidikannya gak yang terbaik. tapi its oke lah, nasi udah menjadi bubur dan bubur udah terlanjur di jual di Kayung yun (gak nyambung).. oiya baru inget klo kmrin apply formulirya emank di pingtung, tapi … udahlah akhirnya terima nasib.

 

BIAYA HIDUP

ini yang bikin galau setengah hidup, Beasiswa cm mengcover 15 – 20 jt, padahal biaya hidup minimal kata teman adalah 40 juta. trus sisanya gmn??? Tenang2 Alloh Maha Kaya, Kecilll lah uang segitu, Yang penting jangan kebanyakan galau, berusaha j… dan hasilnya PERCAYAKAN KEPADA NYA.

DAN.. WAKTU ITU TIBA, TAIWAN IAM COMING

Hm…. masih teringat perisapan sebelum berangkat, aku sampai gak tau apa ja yang ada di koper, smuanya di bantuin sm Sohib2 di kontrakan tercinta “GRIYA WIDARA”  2nd home sweet home.  yang paling bikin aku gak ingin berangkat adalah adegan di bandara, bener2 gak ingin pergi ketika lihat wajah Bapak. But… Dalam hatiku, Bapak 1 tahun itu bentar, aku akan kembali dan kubawakan sejuta bintang (ini lumayan lebay… gmna cara bawanya hayoo,,, bagasi pesawat ja cm 20 kg). Tanpa pikir panjang dan emank gak mau mikir panjang, aku berjalan ke peswat dan berdoa semoga Bapak , ibu dan adek2 smua Sehat, juga teman2 yang dg ikhlasnya mengantar semoga Alloh melimpahkan cintanNYA (Klo udah gini kerasa banget manisnya ukhuwah, thanks my sister, ana ukhibukhifillah).

Setelah perjalanan 30 (lupa pasnya berapa) ke jakarta d tambah 5,5 jam akhinya samar2 pesawat landing dan “WELCOME TAOYUAN AIRPORT” alhamdulillah sampai di Taiwan, meskipun banyak yg galau sepanjang perjalanan krn cuacanya buruk , so kita diwajibin make seat bealt.

PERTAMA KALI SAMPAI

Dr Bandara ke Pingtung (my beloved campus) butuh waktu sekitar 6-7 jam by bus.

yang terpikir adalah bakalan tambah lemes ni, pa lagi  lumayan ngeeri klo mesti naek bis.

Subhanlloh, keajaiban terjadi dan aku gak jadi minta tolong doraemon buat ngelurin pintu ajaibnya. Busnya BEDA bgt dg di INDO, SUPER DUPER NYAMAN. oiya bis yang kita naikin supir di bawah dan kita di atas, so.. kita bebas bgt mau ngapa2 in. Bisnya modelnya sama kayak kerta GAJAYANA.

Sepanjang perjalanan dr Taipe ke Kampus .. jlanan sepi bnget, sempat terlintas orang2 ini pada kemana ya, ato semua org taiwan pada pindah ke Pingtung buat nyambut kita,,, he… Prtanyaan itu terjawab saat jam 12, o… ternyata mereka pada kerja dan jam 12 rame krn pada keluar makan sianga. oiya di taiwan hampir sepanjang perjalanan hanya menemukan motor matik, motor bebek… kmn??? apa terjadi flu burung hingga semua motor bebek musnah dr peredaran???? ma lajur lalulintas ditaiwn menggunakan lajur kanan (so.. pjrana SD yang bling kita jalan di sebelah kiri itu udah kagak berlaku lagi di sini).

Yang kukagumi di perjalanan panjang tiada ujung ini adalah kota ini tertata rapi, bersih dan banyak banget industri rumah tangga nya.

Setelah berjam2 di bus , ternyata cacing di perut udah mulai demo, dan bisnya gak bs diajak kompromi, kita cm bs menatap makanan penuh harap dr balik kaca bus, hm…. ada yang seru klo di Indo banyak Indomaret, di Taiwan ada 7ELEVEN ma FAMILY MART, kayak indo ma Alfa yng selalu bersaing.
SAMPAI….

Sore kita baru sampai di kampus lupa jam 4an ato jam 5an,

begitu masuk kampus  yang jadi pertnyaan kita adalah,,, mana kampusnya? kok smua kayak hutan gini y…

ternyata Pingtung itu kata tman2 adalah daerah paling selatan, so sedikit jauh dari peradahan dan hirup pikuk dunia,,, buts its oke, cz my purpose not shoping but STUDYING.

Lumayan lah,,,, bisa cuci mata setiap hari lihat begitu banyak poohon ma gunung2 nan hijau,

Tobe Continue…

Sorry ya klo msih belum sinkron antara judul dan isi (kayk thesis j), cz masih nglantur kemana2… disambung sesi 2 bakalan lebih asik, so… terus saksikan dan ikuti perjalananku lwt tulisan

 
 

 

Leave a comment